40 Siswa SMKN 3 Kuningan Mengikuti Tes Rekrutmen PT. Indomobil Nissan


-->

Bandung, Pada hari senin tanggal 1 maret 2010, 40 orang siswa SMKN 3 Kuningan dari jurusan otomotif mengikuti tes rekrutmen PT. Indomobil Nissan yang di selenggarakan di SMKN 8 Bandung, 40 orang tersebut ialah siswa-siswa pilihan dari 4 kelas otomotif di SMKN 3 Kuningan yang ada. Kami barangkat pada jam 23.45 WIB menggunakan 2 mini bus bersama pak Sri Mulyono (BKK) dan guru-guru produktif SMKN 3 Kuningan yang sudah tak asing lagi seperti Pak Drs. Mori Edwar, Pak Aman Supratman, Pak Ir. Hazzairin dan lainnya.
Kami tiba di Bandung pada pukul 04.25 WIB lalu kami bersama rombongan berhenti di masjid alun- alun bandung Untuk Shalat Subuh dan berganti pakaian. Sampai pada waktu pelaksanaan kami menjumpai saingan –saingan kami dari berbagai sekolah seperti : SMKN 8 Bandung, SMKN 1 Sukabumi, SMK Karya Nasional, dan SMK-SMK lainnya.
Kami mulai melaksanakan test pada pukul 9.30 – 12.00 yakni melaksanakan Psikotes terlebih dahulu, berupa Praekelin test {tes rek. Koran}, Mencocokan gambar, irama gambar, menyamakan gambar, menempatkan titik pada gambar, soal cerita matematika, menggambar orang dan pohon, soal psikologi, dan lain-lain.
Setelah istirahat untuk shalat Dhuhur kami melaksanakan test selanjutnya yakni test kemampuan dasar otomotif yang meliputi : pengetahuan dasar otomotif, konsep elektronika, pengetahuan computer, dan soal otomotif dalam bentuk bahasa inggris, keseluruhan soal tersebut berjumlah 100 soal.
Setelah itu kami istirahat sejenak dan pulang ke kota Kuningan tercinta.

» Read More...

Mengapa BLOG Ini Pantas Jadi Pemenang Di Lomba Blog ICT 2010


Mungkin pada awalnya saya merasa agak sulit kembali ke dunia blog lagi, mengingat saya telah vakum agak lama sebagai blogger semanjak sekitar akhir semester genap di kelas 2, meskipum pada kenyataannya saya lumayan berhasil mengelola blog sebelumnya yang mengambil tema tentang belajar bahasa inggris hingga saya mendapat income dari affiliate program yaitu google adsense, memang belum besar pendapatannya,terakhir saya lihat tapi cukup baik untuk pemula seperti saya.
Adanya lomba blog yang diadakan tim ICT ini membuat gairah nge-blog saya bangkit kembali, saya mulai menulis lagi, mempromosikan lagi,mencari referensi lagi, meskipun di tengah kesibukan menjelang UJIAN NASIONAL (UN).
Maka dari itu saya mencoba meyakinkan tim ICT dg beberapa hal yang menurut saya penting untuk di jadikan bahan pertimbangan, yaitu :

Keorisinalitasan Posting/Artikel

Saya mencoba menjaga keorisinalitasan postingan saya karena saya tak sekedar ingin menghadirkan postingan yang bagus namun sekaligus saya ingin belajar menulis serta menghadirkan artikel yang fresh di dunia maya.
Ada 2 macam postingan saya :

Mengenai sekolah

Saya menghadirkan postingan mengenai sekolah yang ekslusif dan menarik serta dijamin keorisinalitasnya yang man tujuan saya untuk menginformasikan tentang SMKN 3 Kuningan ke dunia luar sekaligus mempromosikannya yang mudah-mudahan ada dari pihak luar yang semakin tertarik untuk bekerjasama setelah membaca isi blog ini.

Tentang kejuruan

Postingan mengenai materi kejuruan yang saya postingkan bukan sekedar materi biasa namun beberapa hasil jerih payah saya saat PRAKERIN sehingga saya mendapat beberapa materi yang sangat eklusif. Selain itu saya mencoba mencari referensi penting dari buku yang selanjutnya saya ketik dan postingkan.


Template Yang sesuai

Bisa dilihat sendiri template sederhana saya merupakan hasil modifikasi untuk mencapai criteria yang diinginkan yaitu ada unsure sekolah dan nuansa otomotif sebagai bidangg keahlian saya juga termasuk di dalamnya, tentu buakan hal yang mudah arna saya juga harus sedikit-sedikit belajar HTML atau Javascript.

Berteman dengan blog (Tukar Link)

saya sengaja menyediakan sarana tukar link sehingga parp blogger bias saling mempromosikan blog masing-masing sehingga bias menjadi simbiosis mututlisme pada akhirnya, sudah sekitar 200 link blog sahabat yang saya dapat semoga ini menjadi nilai plus bagi blog ini.

Blog ini popular di internet

Inilah hal yang menjadi hambatan saya, dikarenakan ini memang blog baru sehingga tidak mudah untuk trindeks di mesin pencari. Maka dari itu saya memutar otak dan terus belajar tentang SEO (Search Engine Opitimization) hingga pada akhirnya blog ini terindeks juga, mungkin berkat postingan originalnya dan beberapa usaha yang saya lakukan. Ini terbilang lumayan karena blog teman saya yang lain masih belum terindeks juga. Padahal ini yang terpenting untuk mendapatkan pengunjung sehingga maksud dan tujuan blog ini supaya dikenal masyarakat luas juga bias tercapai.

Itulah sedikit panjelasan dar i saya tentang keunggulan blog ini besar harapan saya blog ini bias menjadi pemenang di lomba blog ICT 2010


» Read More...

SMKN 3 Kuningan Si ‘Green School’



Tak dapat dipungkiri lagi SMKN 3 KUningan merupakan sekolah yang berbudaya lingkungan di dukung dengan luasnya sekolah sehingga tata ruangnya pun rapi dan sehat, semua lahan kosong ditanami rumput-rumput dan pepohonan sehingga kesan hijau sanggat terasa. Di setiap ‘space’ antar baris kelas terdapat taman-taman kecil yang menimbulkan kesan sejuk dan tentram sehingga mendukung terhadap proses belajar yang kondusif, bukan hanya itu, SMKN 3 Kuningan yang terletak di kaki gunung ciremai memiliki cuaca yang baik dan udara segar di setiap harinya dan jauh dari kebisingan kendaraan di jalan raya.

Bukti nyata lainnya yaitu sekolah ini menyediakan banyak sekali tong sampah sehinnga sangat mendukung akan terjaganya kebersihan di sekolah ini, dan, ada yang spesial dengan tong sampahnya, yaitu tong sampahnya merupakan hasil kreatifitas siswa-siswi SMKN 3 Kuningan di mata pelajaran Kesenian, sehingga bisa terlihat tong sampah dengan beragam motif dan corak yang sangat unik di sekitar kampus SMKN 3 Kuningan.
Sebenarnya masih banyak nilai lebih sekolah ini, sehingga tak salah jika kita menjuluki sekolah ini sebagai ‘Green School’ di kabupatan Kuningan.


» Read More...

Siswa siswi SMKN 3 Kuningan melaksanakan pebekalan mata pelajaran matematika


Pada hari Selasa 23 maret 2010 siswa siswi SMKN 3 Kuningan melaksanakan pembekalan mata pelajaran metematika untuk menghadapi UN (Ujian Nasional) Matematika di keesokan harinya, kegiatan ini bertujuan agar siswa lebih siap lagi menghadapi UN Matematika serta sebagai wujud komitmen sekolah untuk mendukung suksesnya UN di tahun 2010 ini. Adapun kegiatan ini dibimbing oleh bapak Drs.H Syaefulloh yang juga sebagai wakasek dan guru Matematika senior di SMKN 3 Kuningan, kegiatan berlangsung selama sekitar 2 jam, meliputi pembahasan soal dan bagaimana cara penyelesaiannya.


Sisi positif diadakannya kegiatan ini adalah siswa menjadi lebih paham dan lebih percaya diri untuk menghadapi UN Matematika kali ini. Selama kegiatan para siswa sangat antusias dan memberikan respon yang baik atas kegiatan ini. Dan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang di adakan SMKN 3 Kuningan. Semua ini menunjukan bahwa SMKN 3 Kuningan merupakan sekolah yang baik dan memiliki komitmen yang kuat untuk mencerdaskan siswa-siswinya.

» Read More...

Pentingnya Servis Berkala


Bagi pemilik kendaraan kadang terasa agak berat untuk melakukan servis berkala untuk kendaraanya, sehingga terkadang lebih memilih bengkel yang murah meskipun kualitasnya tidak terjamin bahkan ada yang mengabaikan servis berkala.
Betapa pentingya servis berkala di kerenakan memang setiap komponen atau parts memiliki waktu pakai yang jika diabaikan akan merembet ke bagian lain, tentu kerugian yang akan di dapat pastinya lebih besar, maka tak ada salahnya kita berdisiplin untuk melakukan servis berkala.
Penting bagi para pemilik untuk mengetahui apa-apa saja pekerjaan di setiap periode servis berkala, maka berikut penjelasannya.


Pada 1.000 km

Penganalisaan dan pengaturan:
Emisi gas buang, chasis dan bodi, oli mesin, sistem dan saluran pendinginan mesin, minyak (rem, kopling, & power steering).

Pada 10.000, 30.000, 50.000, 70.000 & 90.000 km

Pekerjaan di Servis Berkala 1.000 km dan,
Penggantian oli mesin.
Penganalisaan dan pengaturan:
Performa mesin, sistem rem, serta ban (Tekanan Ban, Ban di rotasi + di balancing roda depan)

Pada 20.000, 60.000 & 100.000 km

pekerjaan di Servis Berkala 10.000 km dan,
Penganalisaan dan pengaturan:
Fuel supply system, sistem kemudi dan suspensi kendaraan.

Pada 40.000, 80.000 & 120.000 km

Semua pekerjaan di Servis Berkala 20.000 km dan,
Penggantian busi.
Penggantian oli (oli transmisi (MTF/ATF) dan oli diferensial (MTF)).
Penggantian minyak rem dan saringan udara.
Penggantian saringan bahan bakar (tiap kelipatan 80.000 km)
Penganalisaan dan pengaturan:
Charcoal canister untuk menjamin emisi gas buang aman bagi penumpang dan lingkungan.


» Read More...

Merawat Mesin Injeksi Sendiri


Jangan antipati dulu dengan perawatan mesin injeksi. Teknologi mesin modern justru mempermudah perawatan sebuah kendaraan. Tentu jika tahu caranya. Nah, buat mesin injeksi, tak perlu melakukan penyetelan sendiri yang ribet dan butuh alat khusus. Bisa pakai alat sederhana dan dilakukan sendiri di garasi rumah.
Meski dirancang hampir minim perawatan dan penyetelan, mesin injeksi bensin perlu juga diperhatikan. Utamanya proses pembersihan di komponen-komponen kontrol utama yang mengatur kerja mesin. Usia pakai, udara kotor dan iklim lembab membuat perawatan mesin injeksi sebaiknya dilakukan secara rutin. Buat mobil yang dipakai hampir setiap hari, sebaiknya lakukan servis mandiri setiap 5.000 km atau sekitar 3 bulan sekah.

THROTTLE BODY
Komponen ini tak perlu penyetelan namun harus sering dibersihkan. Fungsinya untuk mengatur udara yang masuk ke dalam mesin. Filter udara yang jarang dibersihkan ditambah lingkungan yang berdebu menimbulkan gum (jelaga hitam yang lengket) di dalam throttle body. Jika terus dibiarkan, gum ini akan mengacaukan kerja sensor throttle (Throttle Position ;vnsot/TPS) hingga paling parah membuat putaran mesin pincang.
Gum ini lengket dan agak sulit dibersihkan, namun di pasaran ada cairan khusus yang memang dibuat untuk mengikis kotoran membandel tersebut. sebaiknya pilih yang memang dirancang khusus untuk mesin injeksi (injection cleaner), jangan carburettor cleaner karena sifat kimia bahan pembersihnya rentan merusak servo idle speed.

Cara membersihkan bisa dilakukan dengan penyemprotan langsung ke throttle saat mesin hidup sambil dijaga agar mesin tidak sampai mati. Skep kabel gas bisa ditahan pakai tangan sembari cairan pembersih disemprotkan ke mulut throttle. Jika dirasa sudah bersih, segera matikan mesin. Setelah sekitar 15 menit kemudian, start kembali mesin dan `mainkan' pedal gas hingga 5.000-6.000 rpm. Maksudnya agar sisa kerak yang terkikis mampu terbuang tuntas melalui gas buang.
Cara pembersihan kedua dilakukan bila throttle body sudah terlampau kotor. Untuk ini Anda perlu membongkar dengan melepas baut pemegang throttle body ke saluran intake. Meski sedikit ribet, proses ini menjamin pembersihan yang tuntas. Lepas kabel TPS atau sensor lainnya yang Hempel di throttle body sebelum memisahkannya dari saluran intake. Cairan pembersih yang dipakai sama dengan cars pertama. Jangan lupa memasang kembali kabel ke sensor yang dilepas tali saat merakit kembali.
SENSOR
Ada lebih dari sepuluh sensor di mesin injeksi, mulai dari sensor pengapian, nosel injektor, throttle position, idle, suhu air pendingin, dan lainnya. Cara mengetahui komponen ini cukup mudah. Hampir semua memiliki kabel yang terhubung ke ECU.
Kondisi iklim yang lembab dan berdebu membuat konektor kelistrikan sensor menjadi kotor. Kotoran yang berupa kerak putih kehijauan ini tentu akan menghambat sinyal yang dikirimkan ke ECU. Indikatornya mulai yang teringan, mesin mberebet hingga paling berat mati total. Umumnya juga disertai lampu indikator CHECK ENGINE yang menyala saat mesin bekerja.
Solusinya simpel saja, konektor yang kotor tadi dibersihkan. Biar hasilnya maksimal, manfaatkan contactcleaner yang memang khusus dibuat untuk membersihkan konektor kelistrikan. Tak harus memakai contact clener yang khusus buat otomotif, produk pendukung elektronik juga bisa digunakan. Intinya, cairan kimia tersebut mampu mengikis kerak dan kotoran hingga aliran tegangan listrik lancar kembali.
Sebagian sensor cukup dengan men¬cabut konektornya saja setelah menekan klip pengunci. Namun di beberapa sensor telah dilengkapi klip pengunci berbentuk kawat. Buat model seperti ini, cungkil klip lebih dulu sebelum menarik konektor lepas dari dudukannya. Pasang kembali klip kawat sebelum mencolokkan konektor kembali. Semprot poin kontak di tengah konektor hingga bersih.
Letak konektor di tiap mobil berbeda, namun pastikan seluruh konektor sensor mulai nosel injektor, airflow (mass sensor), throttle position, oksigen, hingga distributor (crank angle) bebas dari kerak atau kotoran.

FILTER BENSIN DAN UDARA
Suplai bensin yang tersendat bisa diakibatkan filter bensin yang mampat akibat kotoran. Meski usia pakai filter bensin mesin injeksi lebih lama dari karburator, jika sudah kotor wajib pula diganti atau dibersihkan. Pembersihan sebaiknya tiap 20.000 km dan diganti tiap 40.000 km. Kondisi tangki bensin yang jarang terisi penuh akan mempercepat kotoran menyumbat saringan.
Proses pembersihannya harus melepas filter dari dudukan. Pada mobil Jepang terletak di dekat firewall. Lepas slang bensin masuk dan keluar lebih dulu sebelum melepasnya dari dudukannya. Tiup dari arah bensin masuk (umumnya tertera di bodi filter saluran masuk dan keluar bensin) hingga kotoran beserta sisa bensin terdorong keluar. Ulangi beberapa kali dengan memasukkan bensin ke dalamnya sambil dikocok-kocok sampai bensin yang keluar bersih.
Buat saringan udara juga perlu perhatian lebih daripada mesin karburator. Soalnya aliran udara yang terhambat akan terdeteksi sensor dan mempengaruhi kinerja mesin. Bukan tak mungkin jika terus dibiarkan akan merusak ECU. Makanya, kebersihan filter udara di mesin injeksi harus selalu dijaga.
TERMINAL AKI
Nyawa mesin injeksi bertumpu pads pasokan listrik yang stabil. Nah, selain alternator, kondisi aki juga wajib dijaga agar suplai tegangan ke ECU dan sensor berlangsung normal saat pertama kali mesin distart. tak hanya mameriksa volume air aki, terminalnya juga harus bebas dari kotoran atau kerak. Suplai tegangan yang tersendat membuat kinerja ECU dan mesin berputar abnormal saat distart.
Bersihkan terminal memakai cairan penetran semprot dan lindungi dengan gemuk pelumas agar tak cepat menimbulkan kerak putih di terminal. Sebaiknya tak melepas terminal aki terutama di mobil-mobil injeksi mutakhir yang dilengkapi immobilizer. Soalnya, melepas terminal aki terlalu lama (umumnya sekitar 5-15 menit lebih) akan mengunci ECU dan butuh sistem pembuka yang hanya ada di bengkel resmi.
BUSI
Seperti juga mesin bensin lain, busi di mesin injeksi perlu dibersihkan. Utamanya dari tumpukan kerak di ujung elektrodenya. Tak perlu ganti bila elektrode masih tebal, cukup kikis kerak dengan sikat kawat. Sebaiknya tak mengganti busi dengan spesifikasi di luar rekomendasi pabrikan. Jika hal ini dilanggar, risiko ECU rusak akibat resistensi busi yang tak cocok sangat mungkin terjadi.



» Read More...

Pelaksanaan Ujian Praktek Kejuruan Atau Uji Kompetensi Jurusan Otomotif 2009/2010



Ujian Praktek Kejuruan atau UJi Kompetensi (Ujikom) untuk tahun 2010 akan dilaksanakan di minggu ke.1 sd. Ke.2 bulan Pebruari 2010 lebih awal 1 bulan bila di bandingkan dengan pelaksanaan tahun sebelumnya.

Di Ujian Praktek kali ini ada hal yang berbeda yakni untuk jurusan otomotif sendiri akan dilaksanakan pada 6 buah unit kendaraan berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan hanya pada engine stand, adapun unit kendaraan-kendaraannya yaitu:

1 unit Daihatsu Luxio

1 unit Toyota Avanza

1 unit Daihatsu Xenia

1 unit Mitsubishi Colt T120

1 unit Chevrolet Luv

1 unit Isuzu Panther

Dengan dilaksanakannya Ujian Praktek Kejuruan atau uji kompetensi (Ujikom) pada unit kendaraan yang sebenarnya diharapkan siswa dapat lebih merasakan dan memahami kondisi di dunia Industri yang sebenarnya, ini juga merupakan wujud komitmen SMKN 3 Kuningan untuk meningkatkan mutu pendidikan mereka.

Ujikom ini terlaksana atas kerjasama SMKN 3 Kuningan dengan pihak industri juga yakni dengan Daihatsu Soekarno Hatta Bandung, dengan adanya kerjasama tersebut maka siswa bisa mendapatkan sertifikat kompetensi dari industri sebagai modal untuk melamar kerja.

Untuk mendapatkan sertifikat tersebut tidaklah mudah, siswa harus sudah berkompeten terhadap perawatan berkala 10.000 KM. dan mendapat poin penilaian minimal 83., hal ini tidaklah terlalu sulit mengingat siswa SMKN 3 Kuningan yang pintar dan kompeten, maka tak salah jika Industri pun saling berbondong-bondong mencari tenaga kerja dari SMKN 3 Kuningan.

» Read More...

Gejala steer avanza atau Rush Narik ke kiri


Masalah ini sangat vital bagi kendaraan di mana jika sterr gak stabil bisa kehilangan arah kemudi dan terjadilah kecelakaan. Berikut pembahasannya:

Gejala

Kendaraan dikategorikan mengalami problem narik ke kiri apabila:
- Jika pengendara melepas roda kemudi saat pengendaraan lurus, kendaraan akan
cenderung narik ke kiri dengan sendirinya.
- Jika dalam pengendaraan lurus, tangan pengendara terasa lebih berat menahan
roda kemudi agar kendaraan tetap lurus (agar kendaraan tidak narik ke kiri).

Prosedur Perbaikan

Jika menemukan kendaraan dengan gejala diatas, lakukan pemeriksaan kondisi ban,
tinggi kendaraan, pemeriksaan dan penyetelan toe in, pemeriksaan sudut roda,
pemeriksaan camber dan caster seperti yang ada di Repair manual.
Apabila setelah pemeriksaan diperlukan penyetelan camber, maka lakukan
penggantian baut Knuckle yang mempunyai diameter yang lebih kecil yang dapat
diperoleh melalui Monitor dealer.



Jika problem belum teratasi setelah penggantian baut, informasikan kepada Dealer bersangkutan.

» Read More...

Fenomena Gas Buang Hitam


Materi yang kali ini mengenai fenomena gas buang (exhaust gas) yang berwarna hitam pada mesin diesel 2KD

(Fortuner dan Innova). :-D **semoga bermanfaat

Fenomena

1. Gas buang berwarna hitam keluar dari muffler pada saat akselerasi.

2. Tidak ada kelainan baik tenaga, maupun kondisi putaran mesin.

Prosedur Penanganan

Jika menemukan fenomena seperti tersebut di atas, maka lakukan penanganan :

1. Ikuti langkah-langkah pemeriksaan dan pembersihan

2. Lakukan langkah pencegahan (preventive) dengan melakukan akselerasi full throttle

(~ 4000 rpm) pada saat unit melakukan regular service di dealer.





1. Pembersihan air cleaner pipe dengan part cleaner.





2. Pembersihan Throttle Body dengan part cleaner.





3. Pembersihan EGR Valve dengan part cleaner

4. Pembersihan Intake Manifold dengan steam water





5. Pembersihan Injector Nozzle

6. Pembersihan Turbocharger



7. Pembersihan Exhaust Manifold Converter dengan air blow





8. Pembersihan Front Exhaust Pipe dengan steam water


9. Pembersihan Center Exhaust Pipe dengan steam water

10. Pembersihan Tail exhaust Pipe dengan steam water






» Read More...